Artikel ini diambil dari pembelajaran di lapangan, mengenai setting router sebagai router utama. Bagi pengguna ISP di rumahnya pasti sudah tidak asing lagi dengan benda ini, karena sebagai komponen utama yang penting dalam membagi data untuk dapat mengakses sebuah internet, baik itu via kabel maupun nirkabel. Suatu ketika, router yang kita miliki rusak dan terpaksa harus membeli baru, sudah lapor ke technical ISP? namun terlalu lama untuk menunggu kunjungan, tidak seperti sebuah switch/hub, router memiliki settingan tersendiri untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Setiap router dengan brand yang berbeda memiliki tampilan tersendiri untuk settingannya, terkadang kita bingung ketika menghadapi router dengan produk yang berbeda dengan sebelumnya, bisa jadi karena downgrade ke router yang lebih ekonomis atau router yang lebih baik dengan harga fantastis. tapi intinya sama, kali ini saya gunakan router dengan produk Asus. untuk jelasnya dapat disimak dibawah ini

Langkah- langkah untuk Setting Router Asus sebagai contoh tipe Asus RTN12+

1. Colokkan kabel FTP (biasa disebut kabel lan dengan kepala RJ45) ke port Lan di router, apabila menggunakan wifi, konekkan ke wifi (no password).

2. Buka Browser (IE atau Mozzila, atau Chrome), ketikkan IP default router 192.168.1.1, tekan enter
3. Di tampilan awal, pilih manual setting.
4. Ketikkan password baru untuk akses router , lalu klik next.
5. Pilih modenya ( wireless router mode/ repeater mode / access point(AP) mode. Pembahasan kita kali ini router sebagai wireless router mode.
6. Pilih No, dan next.
7. Pilih Static Ip, kemudian next.
8. Lalu inputkan Ip WAN, netmask dan gateway serta DNS. (dapat diperoleh dari ISP yang sobat gunakan). Sebagai contoh pada gambar. Kemudian next.
9. Lalu set SSID dan Password Wifi, dan kemudia apply.
dan selanjutnya pilih complete. Selesai, silahkan ditest wifi, or via LANnya.
Selamat Mencoba…
Bagaimana Cara Setting Router Asus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *